Blog Pengalaman Baru dalam Pembelajaran

 PELATIHAN BELAJAR MENULIS PGRI 

Pertemuan ke-29

Materi               : Blog sebagai Sarana Pembelajaran

Narasumber      : Nani Kusmiyati, S.Pd, M.M, CTMP

Moderator        : Dail Ma'aruf


         Reog Ponorogo jangan terkikis

         Warna tradisi Indonesia punya

         Blog permudah guru dan penulis

         Wahana kreatif tersimpan selamanya

 

          Tujuan menulis  itu bervariasi. Media menulis pun beraneka ragam. Pada era millenial saat ini media dengan varian aplikasi kian semarak. Sebagai seorang guru dan penulis harus tahu dan mencoba menggunakan. Karena hal itu akan memberikan pengalaman baru sebagi guru dan penulis, yang dapat mempermudah aktivitasnya. Dengan kemampuan seorang guru akan media digital memberikan kepercayaan dan motivasi untuk lebih bermedia digital, yang justru lebih cepat mengenalnya.

         Salah satu dengan media blog, terutama bagi guru dan seorang pernulis. Akan lebih tepat bagi guru mapel Bahasa.  Akan terhimpun semua aspek ketrampilan berbahasa terutama membaca dan dan menulis. Dan akan lebih kaya dimanfaatkanlah media audiovisual seperti youtube.

         Blog (dari kata web log[1]) adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam urutan isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Wikipedia Bahasa Indonesia  

        Materi malam 23 Maret 2022 Pelatihan kelas BM Pertemuan ke-29 yaitu Blog Sebagai Sarana Pembelajaran. Narasumbernya adalah seorang Wanita Hebat Mayor Nani Kusmiyati, S.Pd, M.M, CTMP.

 Di awal materi  ibu Nani memaparkan manfaat menulis di blog antara lain sebagai berikut

1.                      a.  Seperti  menulis di buku catatan, berbeda namun memiliki manfaat yang sama yaitu mengabadikan buah pikiran  sendiri maupun pelajaran yang yang didapatkan dari sumber lain. Sumber lain itu dapat berupa buku, digital book, pengalaman orang lain maupun ilmu yang didapatkan dari guru ketika  masih belajar di bangku sekolah maupun kuliah.

2.                    b.   Begitu pula para penulis juga kaum akademia menggunakan blog untuk mengekspresikan ide, pengalaman dan ilmu yang didapatkannya. Blog sangat membantu mengingat kejadian-kejadian yang menarik perhatian  baik di masa lampau atau saat ini.

3.                  c.   Mengingat masa lampau dengan dibantu dokumentasi berupa foto-foto akan mudah mengemasnya kembali menjadi sebuah cerita true story. Sedangkan kejadian di masa kini akan lebih mudah dituliskan di blog karena ingatan masih fresh untuk mengingatnya.

 

Tentang Menulis di Blog Menurut Narasumber

1.       Jika  melihat kejadian yang menarik perhatian, maka segera tulislah di blog. Ketika hendak menulis, tidak selalu menggunakan laptop atau komputer, namun HP dapat membantu kita untuk menuliskan poin-point singkat tentang kejadian atau pengalaman yang menarik untuk diceritakan.

2.        Setelah memiliki waktu luang barulah dapat menuliskannya.

3.       Bagaimana jika  benar-benar sibuk dan tidak ada waktu menuliskan poin-poin tersebut menjadi karya yang dapat dinikmati sendiri maupun orang lain?

4.       Dan bagaimana jika tiba-tiba tidak ada mood untuk menuliskannya? Saya yakin kondisi ini pernah dialami penulis blog.  Jika kendalanya sibuk sekali, saya akan berusaha untuk meluangkan waktu untuk menuliskannya walau hanya penjelasan satu poin saja. Kemudian dikesempatan berikutnya menulis 1 (satu) poin lagi.

5.       Menulis tidak dapat dilakukan ketika sedang mengendarai mobil dan  berada di belakang kemudi. Akan berbeda jika menjadi penumpang maka akan lebih mudah menuliskannya di Hp selama perjalanan bekerja atau pulang. Draf tulisan pasti masih kasar, biarkan saja, yang terpenting poin-poin itu sudah ada deskripsinya. Ketika ada waktu barulah dibaca kembali untuk menyempurnakan tulisan tersebut.

6.       Blog dapat menjadi sarana belajar, terutama belajar writing. Bagaimana menyusun kalimat yang benar dan menarik hingga menjadi paragraf per paragraf yang memiliki makna. Sebagai guru, blog dapat menjadi salah satu alternatif di dalam mengajar.

7.        Beberapa guru dapat menggunakan google form, whatsApp atau media lain namun jika media tersebut dapat saling melengkapi akan lebih bagus. Blog dapat menjadi suatu pilihan sebagai media pembelajaran.

8.       Bagi guru blog bisa sebagai media pembelajaran bagi dirinya sendiri dengan menuliskan inovasi di dalam mengajar baik berupa teknik mengajar maupun materi ajaran.

9.       Walau sebenarnya dapat disimpan di flash disk atau laptop. Kekurangannya jika laptop atau flasdisk terkena virus maka akan sangat riskan hilangnya materi ajaran.

10.    Blog adalah salah satu media aman untuk menyimpan materi pelajaran kita karena tidak akan terkena virus. Yang terpenting tidak lupa nama blog dan password.  Jika lupa password masih bisa dipulihkan melalui email atau no Hp kita.

11.   Blog bersifat umum atau dapat dibaca orang lain, sebaiknya kita pandai memilih materi mana yang boleh dibaca orang lain. Jika guru memiliki soal-soal dan dianggap masih bersifat konfidensial atau rahasia, sebaiknya jangan disimpan di blog.

12.   Ketika mengajar menggunakan blog untuk mengirimkan tugas-tugas ke siswa dan  meminta mereka menjawab di blog mereka dan mengirmkan linknya ke group.

13.   Memberi tugas ke siswa lain untuk berkunjung ke blog teman-temannya minimal dua blog.

14.   Dalam bahasa Inggris, writing termasuk salah satu skill yang tersulit karena budaya menulis masih didominasi kaum akademia atau pegiat literasi. Untuk siswa dengan level bahasa Inggris elementary,  biasanya memberikan topik umum dan memberikan contoh cara mendeskripsikan topik tersebut.

15.    Saya juga menyarankan menggunakan google translate untuk membantu mengerti isi dari reading. Kemudian menceritakan kembali dengan bahasa mereka sendiri.

16.   Bagi yang benar-benar level begginer saya meminta mereka membuat kalimat dalam bahasa Indonesia dengan berpedoman SPOK (Subyek, Predikat, Obyek dan Kata keterangan), baru mereka terjemahkan dengan google translate untuk mengetahui bahasa Inggrisnya.

17.   Mereka belajar menganalisa tulisan mereka sendiri juga memperhatikan kalimat bahasa Indonesia dan bahasa Inggrisnya.

18.   Guru bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dapat menggunakan blog untuk mengajarkan reading dan writing. Jika speaking dapat melalui zoom atau whatsApp call. Penggunaan blog sebagai

  Media yang sulit perlu dipelajari dan ditakhlukkan jika memang media tersebut akan banyak memberikan manfaat. Jika dianggap tidak memiliki manfaat, sebaiknya ditinggalkan. Selamat mencoba dan have fun dengan blog.

Info Tanya Jawab

   1. Agar tulisan di blog banyak dikunjungi, seringlah share link ke group belajar lain, teman-teman atau   keluarga yang kita anggap mereka akan menyukai topik yang ada di blog kita.

   2. Untuk terus bertahan menulis di blog tidaklah mudah.

   3. Menurut saya menjadi Nara sumber tidak susah terpenting kita menguasai materinya,. Biasanya   topik yang diberikan kita dapatkan beberapa hari sebelumnya atau 1hari sebelumnya. Banyak referensi dari internet untuk membantu kita. Dan ketika kita mulai sharing ilmu, kita mesti tahu siapa audience-nya.

   4. Memulai menulis berdasarkan foto lebih mudah, karena imajinasi kita masuk ke dalam peristiwa   foto tersebut, Biasanya mengenang momen yang sangat menyentuh hati saya, bisa gembira, bisa sedih atau rasa iba

    5. Trik agar anak-anak rajin mengisi blognya tentunya harus ada trigger dari ibu gurunya. Misalkan mereka diminta menyalin pelajaran, atau diberikan gambar yang sesuai dengan tingkatannya, kemudian meminta mereka untuk menulis di blognya,. dan share ke group teman-temannya. Atau kirim langsung ke ibu guru,. tentunya yang tercepat akan mendapatkan hadiah.

4.         6. Untuk pelajaran matematika perlu menyertakan link video atau YouTube agar menarik siswa. Dapat melihat contoh  dari paman Apiq  beliau expert banget dalam mengajarkan matematika

5.         7. Menulis saja tiap hari di blog, alangkah bagusnya jika dapat dikelompokkan tulisan bapak di blog,. misalnya puisi, bapak berikan katagori puisi, jika pelajaran dikelompokkan di edukasi,. di WordPress bisa dibuat kelompok-kelompok tersebut.       Sangat membantu, namun kembali lagi tergantung dari siswa kita dan bagaimana kita mengenalkan kepada siswa kita. Menurut saya perlu kolàborasi dengan teknik lain

Apapun media yang akan digunakan boleh-boleh saja dan baik-baik saja. Yang terpenting siswa  dapat menerima ilmu yang diajarkan. Blog adalah salah satu sarana, dan dapat digunakan   jika dianggap nyaman untuk menggunakannya. Menulis di blog efektif sebagai wahana kreatif, kolaboratif, publikasi dan penyimpanan.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ukiran Indah MICHIKO DENIM

Impian Terindah ‘Baiti Jannati’

Insecure Guru dan Siswa Teratasi dengan Self H dalam menulis