Jujur, Ingin Naik Pangkat dengan Jujur
PELATIHAN BELAJAR MENULIS PGRI GELOMBANG 23 DAN 24
Pertemuan ke -24
Materi : Poin Buku pada Kenaikan Pangkat PNS
Narasumber : Dr. H. Imron Rosidi, M.Pd
Moderator : Mr. Brams
Hidanglah kopi dan kue cucur
Redup mata jadi merekah
Naiklah pangkat dengan jujur
Hidup tenang hasilnya pun berkah
Hidup itu sebuah proses. Jika kini dalam hidup kita melakukan kegiatan menulis, memang itulah salah satu fase yang harus kita lakukan. Kita nikmati dan jalani fase ini dengan rasa syukur, senang dan bahagia. Awal mula menulis, ide menulis muncul berupa ungkapan perasaan suka ataupun duka, senang ataupun sedih. Kitapun pasti merasakan dan menikmati efek dari menulis yang berupa curahan perasaan itu walau hanya bertengger pada beranda-beranda medsos ataupun pada catatan pribadi, dan masih sebatas larik, bait-bait pendek. Itulah proses awal, yang kemudian bisa jadi berkembang karena terinspirasi dan termotivasi baik pengaruh intern maupun ekstern dari keikutsertaan even, komunitas, kelas belajar menulis. Berkembang, baik dari ide dasar atau tema, jenis, maupun tujuan tulisan. Hingga saat ini tidak hanya antalogi bersama , bahkan buku solo pun sudah bertengger di rak buku di rumah, sekolah , perpustakaan dan toko buku.
Berkaitan dengan proses, tujuan menulis buku pun semakin bervariasi dan meningkat. Dahulu jika akan naik pangkat jika sudah mendengar persyaratannya mundur dan takut. Jangankan beberapa buku, menulis saja masih belum berani dan enggan. Seiring dengan proses kegiatan menulis serasa tidak setakut dulu untuk naik pangkat. Apakah ini hanya perasaan saja? Enggan atau takut. Benarkah naik pangkat itu menakutkan atau justru mudah. Untuk menjawab perasaan, praduga tepat jika menyimak, belajar dari ahlinya, atau yang berkompeten dalam hal menulis dan urusan naik pangkat.
Pertemuan malam ini bertema Menulis Buku untuk Kenaikan Pangkat dengan narasumber Bapak Dr. Imron Rosidi, M.Pd. Beliau Kepala SMAN 1 Taruna Madani Jawa Timur, Koordinator Tim PAK Jatim, Tim PAK Pusat. Tim penilai kenaikan pangkat pusat dr Gol IVb ke atas dan koordinator tim penilai kenakan pangkat guru/ks Jatim
Naik pangkat itu mudah, jika memenuhi kriteria berikut
1. Unsur PI/KI atau publikasi ilmiah dan karya inovatif
2. Ada 10 jenis PI dan 4 jenis KI. semua bisa kita penuhi apabila kita memiliki kemampuan menulis dan meneliti
3. Salah satu unsur yang bisa kita ajukan untuk memenuhi unsur PI/KI adalah menulis buku.
Unsur dalam kenaikan pangkat
PD, PI, dan Ki
1. PD atau pengembangan diri diperoleh dari kegiatan kolektif guru (KKG, MGMP) dan diklat fungsional guru
Diklat fungsional guru hrs dipilih agar bisa dinilai, yaitu yg diadakan oleh PT, lembaga diklat resmi, organisasi profesi guru
Syarat Pengajuannya dengan mengusulkan laporan pengembangan diri yg dilampiri surat tugas dan sertifikat
2. PI atau Penelitian Ilmiah ada 10 jenis.
3. Dan KI ada 4 jenis
Hal penting yang perlu diingat
1. Gollongan 3 tidak diwajibkan membuat penelitian atau PTK.
2. Untuk menuju ke gol IV baru wajib minimal 1 laporan penelitian dan tidak harus PTK
3. Beberapa jenis buku yg bisa dinilaikan adalah
1. Buku hasil penelitian,
2. Buku pelajaran,
3. Buku bidang pendidikan,
4. Buku terjemahan,
5. Buku kumpulan puisi, buku kumpulan cerpen, dan buku novel
6. Buku dalam bentuk modul
4. Buku hasil penelitian ini sebenarnya bisa dilakukan oleh semua guru. Jika kita memiliki laporan penelitian, tinggal mengubah formatnya. Dan diterbitkan dan ber ISBN. Maka ini bisa dinilaiakan sebagai buku di bidang pendidikan
5. Buku bidang pendidikan dan pelajaran serta modul maksimal bisa diajukan 3 setiap pengajuan
6. Untuk buku terjemahan maksimal 1 dlm setiap pengajuan
7. Mengajukan buku antologi puisi dan cerpen yang ditulis bersama-sama tidak bisa dinilaikan
8. Intinya naik pangkat itu mudah asal memiliki kemampuan menulis dan meneliti
9. Lakukan dengan jujur dan jangan jahil. Kalau tidak bisa jujur, tidak usah naik pangkat biar gaji kita berkah
BERIKUT PENJELASAN SECARA TERPERINCI BERKAITAN TENTANG NAIK PANGKAT DAN BUKU YANG DAPAT DIGUNAKAN UNTUK NAIK PANGKAT
Penulisan Ilmiah
1. presentasi di forum ilmiah
2. Laporan hasil penelitian (PTK)
3. tinjauan ilmiah
4. tulisan ilmiah populer
5. artikel ilmiah
6. buku pelajaran
7. modul/diktat
8. buku dalam bidang pendidikan
9. karya terjemahan
10. buku pedoman guru
Melaksanakan Karya Inovatif
1. Menemukan teknologi tepat guna
2. Pembuat/memodifikasi alat pelajaran/peraga/praktikum
3. Mengikuti pengembangan penyusunan standar, pedoman, soal, dan sejenisnaya pada tingkat nasional
4. Menemukan/ menciptakan karya seni
BUKU UNTUK KENAIKAN PANGKAT
1. Publikasi Ilmiah
1. Buku Hasil Penelitian
2. Buku Pelajaran
3. Buku Pengayaan
4. Buku Pedoman Guru
2. Karya Inovatif Buku
1. Kumpulan Puisi
2. Buku Kumpulan Cerpen
3. Buku Novel
BUKU PUBLIKASI ILMIAH BUKU HASIL PENELITIAN
1. Mengubah laporan penelitian dalam bentuk buku
2. BUKU PELAJARN Ber-ISBN Lengkap
3. BUKU PENGAYAAN
1. Modul/Diktat
2. Buku Pendidikan
3. Karya Terjemahan
4. BUKU PEDOMAN GURU
BUKU KARYA INOVATIF
1. KUMPULAN CERPEN
A. 5 Cerpen atau lebih katagori sederhana
B. Lebih dari 10 cerpen katagori kompleks
2. KUMPULAN PUISI
A. 20 puisi atau lebih katagori sederhana
B. Lebih dari 40 puisi katagori kompleks
3. NOVEL
A. Satu novel katagori sederhana
B. Dua novel katagori kompleks
ANGKA KREDIT BUKU BUKU HASIL PENELITIAN
1. Berupa buku yang diterbitkan ber-ISBN dan diedarkan secara nasional atau ada pengakuan dari BSNP AK 4
2. BUKU TEKS PELAJARAN
A. Buku berisi buku pengetahuan untuk bidang ilmu atau mata pelajaran tertentu
B. Diperuntukkan bagi peserta didik pada suatu jenjang pendidikan tertentu.
C. BSNP AK 6 ber-ISBN AK 3 tdk ber-ISBN AK
MODUL DAN DIKTAT
1. Modul bertujuan agar siswa dapat belajar sendiri
2. Diktat bertujuan mempermudah/memperkaya materi matapelajaran/ bidang studi yang disampaikan olehguru
3. Minimal dibuat per semester
4. Bisa dibuat per tahun
Di tingkat provinsi AK 1,5
Di tingkat kota/kab. AK 1
Di tingkat sekolah AK 0,
BUKU BIDANG PENDIDIKAN
1. Buku dalam Bidang Pendidikan merupakan buku yang berisi pengetahuan terkait dengan bidang kependidikan.
2. Buku yang dicetak dan diterbitkan ber-ISBN AK 3
3. Buku yang dicetak dan diterbitkan tetapi belum ber-ISBN AK 1,5
KARYA TERJEMAHAN
1. Karya terjemahan adalah tulisan yang dihasilkan dari penerjemahan buku pelajaran atau buku dalam bidang pendidikan dari bahasa asing atau bahasa daerah ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya dari Bahasa Indonesia ke bahasa asing atau bahasa daerah yang akan digunakan untuk membantu proses pembelajaran.
2. Menunjang PembelajaraN
3. AK 1
BUKU PEDOMAN GURU
1. Buku Pedoman Guru adalah buku tulisan guru yang berisi rencana kerja tahunan guru
2. Buku pedoman guru disajikan dalam bentuk makalah, diketik dan dijilid
3. Hanya boleh 1 setiap pengajuan
4. AK 1,5
BUKU KARYA INOVATIF
1. Satu buah buku novel, naskah drama/film, atau buku cerita bergambar (komik) yang diterbitkan,dan ber-ISBN.
2. Buku kumpulan cerpen minimal 5 cerpen atau buku kumpulan puisi minimal 20 puisi diterbitkan, dan ber-ISBN.
3. Satuan kliping minimal 5 cerpen atau kliping minimal 20 puisi yang dimuat di media masa yang ber-ISSN.
Bagaimana Mengubah Laporan Penelitian menjadi buku ber-ISBN?
Contoh judul
1. PENINGKATAN PARTISIPASI BELAJAR AUTOCARD MELALUI PENGGUNAAN CD INTERAKTIF PADA SISWA KELAS II TEKNIK KONSTRUKSI BANGUNAN (TKB) SMK 7 SEMARANG
SISTEMATIKA PTK
BAB I PENDAHULUAN
BAB II KAJIAN TEORI DAN KAJIAN PUSTAKA
BAB III METODE PENELITIAN
BAB IV HASIL PENELITIAN
BAB V PENUTUP
SISTEMATIKA BUKU
BAB I PENDAHULUAN (DITULIS DARI BAB 1 DAN 2)
A. Latar Belakang Masalah dan Tujuan Kajian
B. Tinjauan Pustaka
C. Kerangka Teori
1. Teori A
2. Teori B dst
BAB II PENDEKATAN KAJIAN (DI TULIS DARI BAB III LAP PENELITIAN)
A. Lokasi Penelitian
B. Subjek dan Informan Penelitian
C. Pendekatan Kajian
D. Teknik Analisis Data
2. PENINGKATAN PARTISIPASI BELAJAR AUTOCARD MELALUI PENGGUNAAN CD INTERAKTIF PADA SISWA KELAS II TEKNIK KONSTRUKSI BANGUNAN (TKB) SMK 7 SEMARANG
SISTEMATIKA PTK
BAB I PENDAHULUAN
BAB II KAJIAN TEORI DAN KAJIAN PUSTAKA
BAB III METODE PENELITIAN
BAB IV HASIL PENELITIAN
BAB V PENUTUP
SISTEMATIKA BUKU
BAB III GAMBARAN UMUM SISWA KELAS II TEKNIK KONSTRUKSI BANGUNAN SMK 7 SEMARANG (DARI BAB IV)
A. Kondisi Sosial Ekonomi Siswa
B. Prestasi Akademik Siswa
C. Prestasi Non Akademik
Siswa…….dst
BAB IV PENGGUNAAN CD INTERAKTIF DAN PENINGKATAN PARTISIPASI BELAJAR AUTOCARD (DARI BAB IV)
A. Hasil Siklus I dan analisisnya
B. Hasil Siklus II dan analisisnya
BAB V PENUTUP
Uraikan simpulan dan saran
INFORMASI TANYA JAWAB
1. Naik pangkat Ke gol IV b yang wajib adalah minimal 1 laporan hasil penelitian (bisa PTK atau jenis penelitian lain yg diseminarkan) dan 1 artikel ilmiah hasil penelitian dalam jurnal untuk memenuhi AK 12 bisa dari jenis lainnya. Bisa buku, media pembelajaran, puisi, artikel populer dan lainnya.
2. Kalau maret 2020 sdh ada penilaian. Hanya saja di dikdas sangat banyak yang mengumpulkan berkas, Leboh dari 1000. Setiap penilaian hanya 100 sd 200 berkas
3. Jangan diikuti yang mengikuti system terima bersih satu paket turun SK. Terus saja menulis dan meneliti. Apabila Tidak lulus lanjutkan mengajukan sampai lulus agar gaji berkah. Yang penting ikuti sitem yang berlaku dan selalu di jalan yang benar. Orang yang membayar itu orang yang tidak layak naik pangkat tetapi ingin naik pangkat. Jangan menyerah untuk kebenaran
4. Pada PTK ada di buku 4. Ada 5 bab dan lampirannya surat izin penelitian, RPP sesuai dengan umlah siklus, instrumen penelitian, hasil pekerjaan siswa, foto kegiatan dan laporan seminar. Bisa ditambah presensi dan lainnya.
5 . Buku tulisan resume bisa dinilai sebagai buku di bidang pendidikan dan usahakan ber ISBN agar bernilai 3
6. Buku pedoman guru itu berisi beberapa rencana guri dalam 1 tahun pelajaran. Nanti bisa saya beri contoh. Biasanya lolos yang penting jumlah sesuai dengan ketentuan dan ber ISBN.
7. Syarat ke IV Minimal 1 laporan penelitian, 1 jurnal, dan 1 buku ber ISBN. Ada ujian alih jabatan dan presentasi di depan penguji. Jenis PI sesuaikan dg buku 4 atau yang ada di ppt
8. Semua jenis buku diberlakuan untuk semua guru kecuali buku pelajaran. Harus sesuai dengan mapelnya, modul, dan karya terjemahan yang digunakan dalam pembelajaran
9. Buku umum seperti motivasi masuk di buku bidang pendidikan dengan nilai 3
10. Pembuatan media pembelajaran bisa dihinilai. Bisa dibuatkan laporan pembuatan media pembelajaran dengan sistematika yang ada di buku 4 dengan nilai 1 dan 2 kalau kompleks
11. Modul tidak harus ber ISBN. Asal digunakan minimal di sekolah dan ada surat keterangan dari kepala sekolah dan sistematikanya sesuai dengan buku 4. Modul minimal per semester. Bisa tahun pelajaran dan bisa tahun anggaran
12. Pantun itu termasuk puisi lama. Di dalam buku 4 tidak disebutkan pantun. Hanya saja, kalau dilihat dari ketebalan buku dan memungkinkan setaraf puisi baru
Teruslah menulis dan mencapai kepangkatan yang tertinggi dengan jujur. Kepangkatan seorang guru memiliki korelasi dengan kemampuan menulis dan menelitinya. Jangan takut untuk berbuat jujur.
Resume yg ok.
BalasHapusBagus bu Menik, teruskan ayo bikin buku solo. Ibnu Muslim- Maros Sulsel
BalasHapusMakasih, InsyaAllah Pak
HapusTop bgt resumenya adindaku tercinta he he he
BalasHapusMakasih, mbak Maryati... Saya sapa dgn Mbak... Bukan brrti sy lebih muda lho
HapusJustru merasa teman2 itu jauh lebih muda jd sy sapa untuk meghormati yg lebih muda hehe
semangat utk lanjut buku solo sukses selalu
BalasHapusLengkap banget👍👍
BalasHapusYook genjut terus semangatnya bundaa
BalasHapus